LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Nyeri haid pada hari pertama

Sabtu, 22 September 2012

Nyeri haid waktu pertama kali sering terjadi pada wanita yang baru menginjak usia pubertas. sakit disebabkan nyeri haid ini dapat amat menyiksa serta bikin kecemasan penderitanya. sering juga dibarengi dengan perdarahan yang tidak normal.

wanita dapat memiliki bermacam masalah dengan menstruasi/haid mereka. masalah tersebut dapat berupa tidak alami menstruasi walaupun sampai menstruasi berat dan berkepanjangan.
pola haid mungkin tidak teratur, tetapi apabila jarak antar menstruasi kurang dari 21 hari atau semakin lebih 3 bln., atau apabila haid berlangsung semakin lebih 10 hari lantas anda harus mewaspadai adanya masalah ovulasi atau kondisi medis yang lain.

1. amenore

amenore yakni tidak ada menstruasi. istilah ini digunakan buat wanita yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 th. ( amenore primer ) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bln., walau sesungguhnya pada awalnya dulu menstruasi ( amenore sekunder ).

amenore primer biasanya karena oleh problem hormon atau masalah perubahan. amenore sekunder dapat karena oleh rendahnya hormon pelepas gonadotropin ( pengatur siklus haid ), stres, anoreksia, penurunan berat badan yang ekstrem, problem tiroid, olahraga berat, pil kb, dan kista ovarium.

2. sindrom pramenstruasi ( pms )

sindrom pramenstruasi ( pms ) yakni sekelompok sinyal tanda fisik, emosi, dan perilaku yang umumnya terjadi pada minggu sangat akhir fase luteal ( 1 minggu sebelum akan haid ). sinyal tanda biasanya tidak dimulai sampai 13 hari sebelum akan siklus, dan selesai kurun waktu 4 hari setelah perdarahan dimulai.

kian lebih satu sinyal tanda pms yang sering dirasakan :

payudara lantas lembut dan bengkak
depresi, mudah tersinggung, murung dan emosi labil ( mood swing )
tidak tertarik seks ( libido menurun )
jerawat berkala
perut kembung atau kram
sakit kepala atau sakit persendian
sulit tidur
sulit buang air besar ( bab )

3. dismenore

dismenore yakni menstruasi menyakitkan. nyeri menstruasi terjadi di perut bagian bawah tetapi dapat menyebar sampai ke punggung bawah dan paha. nyeri juga bisa diimbangi kram perut yang kritis. kram tersebut datang dari kontraksi di dalam rahim, yang yaitu bagian normal proses menstruasi, dan biasanya pertama dirasakan waktu mulai perdarahan dan terus berlangsung sampai 32 – 48 jam.

dismenore yang dialami remaja umumnya tidak cuma lantaran penyakit ( dismenore primer ). pada wanita lebih tua, dismenore dapat karena oleh penyakit spesifik ( dismenore sekunder ), layaknya fibroid uterus, radang panggul, endometriosis atau kehamilan ektopik.

dismenore primer dapat diperingan gejalanya dengan obat penghilang nyeri/anti-inflamasi layaknya ibuprofen, ketoprofen dan naproxen. berolah raga, kompres dengan botol air panas, dan mandi air hangat juga dapat kurangi rasa sakit.

seandainya nyeri menstruasi tidak hilang dengan obat pereda nyeri, lantas kemungkinan yaitu dismenore sekunder yang karena penyakit spesifik.

4. menoragia

menoragia yakni istilah medis buat perdarahan menstruasi yang berlebihan. di dalam satu siklus menstruasi normal, wanita rata-rata kehilangan kurang lebih 30 ml darah selama kurang lebih 7 hari haid. seandainya perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras ( melebihi 80 ml ), lantas dikategorikan menoragia.

penyebab utama menoragia yakni tidak seimbangan jumlah estrogen dan progesteron di dalam tubuh. tidak seimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. waktu tubuh buang endometrium melalui menstruasi, perdarahan lantas kritis.

menoragia juga bisa karena oleh problem tiroid, penyakit darah, dan peradangan/infeksi pada vagina atau leher rahim.

5. perdarahan abnormal

perdarahan vagina abnormal ( di luar menstruasi ) salah satunya :

pendarahan di antara periode menstruasi
pendarahan setelah berkenaan seks
perdarahan setelah menopause

perdarahan abnormal karena banyak tentang. dokter anda mungkin mengawali memeriksa masalah yang amat umum di dalam grup usia anda. masalah serius layaknya fibroid uterus, polip, atau terlebih kanker mungkin saja lantaran perdarahan abnormal.

baik pada remaja maupun wanita menyongsong menopause, perubahan hormon dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

langkah menghindar serta menyembuhkan nyeri haid pertama dengan safe, dapat konsumsi obat nyeri haid herbal ace max.ace max semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Most Reading